0
Tidak ada yg spesial dari cara ane research keyword (khususnya di service yg ane buka di thread service). semuanya menggunakan tools. lalu kenapa masih banyak yg menggunakan jasa research keyword seperti ini ? alasan paling mendasar adalah untuk menghemat waktu, jadi tugas agan tinggal onpage dan offpage aja...

Ada 2 Proses dalam melakukan research Keyword :

1. Scraping Keyword

Proses ini ane akan mencari keyword yg related dengan niche yg diinginkan (misal : niche "living room"). untuk melakukan scrape ada banyak tools yang digunakan, mulai dari cara manual menggunakan Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan tools2 seperti MNF, Long Tail Pro, Market samurai, dan yang paling ane suka dan ane pake ada SEMRush...

dalam proses ini akan didapat kw yang relevan dengan niche yg diinginkan (misal : living room), Hasilnya seperti :

- elegant living room sets
- living room furniture sets under 500
- purple living room ideas
- table lamps for living room
- wallpaper for living room
- paint ideas for living room

semua hasil Scrape KW dikumpulkan untuk kemudian akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu Analisa Keyword.

2. Analisa Keyword

Tahap selanjutnya, semua Kw yang didapat dalam proses/tahap scraping akan dianalisa lebih lanjut untuk melihat apakah keyword tersebut profitable atau tidak. ada 2 parameter yang akan didapatkan dalam Analisa Keyword :

Keyword Competitor : semua faktor berdasarkan index user yang menggunakan. beberapa parameter yang sering dilihat dalam keyword competitor adalah : Allintitle, Allinurl, Allinanchor, relevant page. ane pribadi menggunakan SOC (MNF) untuk melihat secara keseluruhan semua faktor Keyword Competitor. SOC di hitung berdasarkan kalkulasi antara Allintitle, allinurl, dan Allinanchor.

Web Page Competitor : Bagian kedua adalah menganalisa TOP 10 website yang menempati halaman pertama. karena inilah kompetisi agan yang sebenarnya, Parameter yang sering dilihat dari web page kompetitor adalah PR, DA, PA, Backlink, Link Juice, Domain Aged, TF, Social Factor. Untuk mempermudah melihat web kompetitor ini, ane lebih suka menggunakan matric KC dalam Long Tail Pro. matric KC di dapat bedasarkan kalkulasi nilai PA, Link Juice, Domain Aged dan Keterkaitannya dengan Title website yang berada di halaman pertama google.


Thats It.. Hanya seperti itu cara simple ane research keyword.

Apakah semua parameter/matrik dari setiap software bisa dipercaya gan ?? jawabnya Tentu saja TIDAK.
But,, Agan ga perlu mikir apakah matrik tersebut valid atau tidak, bagaimana cara software2 tersebut menentukan LOW atau HIGH sebuah Keyword. matrik2 tersebut hanyalah indikator untuk ane menentukan sebuah keyword Low atau High kompetisi berdasarkan POLAnya masing2. contohnya :

keyword dengan Allintitle < 1000 , atau SOC < 30 atau KC < 30 biasanya selalu tergolong Low kompetisi. tidak selamanya Low kompetisi, tetapi selama ane menganalisa keyword sejak 2010 sampai saat ini, sudah ada ribuan KW yg ane lihat dan analisa, akan selalu menunjukan 80%-90% keyword tersebut low kompetisi.


Cara diatas adalah dasar dari cara ane melakukan research keyword sederhana berdasarkan tools. tapi kali ini ane mau bahas tentang OLD Method Dalam melakukan Research Keyword khususnya untuk Build Web Baru. Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan ke saya adalah "gan Niche apa yang paling profitable", "gan ane mau build blog baru, enaknya maen di niche apa ?"

untuk itu ane bahas lagi metode lama tersebut untuk temen2 yg kesulitan mencari keyword atau memilih niche yg mau diambil. ane bahas di post selanjutnya......... :D
daffyshaci
04-17-2015, 02:55 AM
Lanjut lagi pembahasannya....



1. Spying Method.

disini ane melakukan spying Web Site yang memang sudah terbukti profit. cara paling gampang adalah menggunakan Flippa[dot]com untuk melihat website yang memiliki profit baik dan terjual lumayan mahal. :D
Silakan masuk ke flippa > Established sites > Just Sold
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS1-1.jpg

ane ambil contoh web ini :
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS2-1.jpg

2. Analisa Domain

Selanjutnya ane analisa dulu domain tersebut. mengapa langsung dianalisa ? biar lebih efisien waktu gan sebelum masuk ke proses selanjutnya. domain yg terjual tersebut tentunya sudah memiliki traffic dengan keyword2 yang di ranking di halaman pertama. dengan kata lain web tersebut sudah pasti jadi Kompetitor ane nantinya. untuk itu ane analisa dulu seberapa kuat domain tersebut. Tool yang ane pake Majastic SEO (agan bisa gunakan tools lain seperti ahrefs, dll) tapi ane udah lebih suka pake majestic karena ada matric favorit ane "Topical Trustflow"... :D

berikut summary domain tersebut :
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS3-1.jpg

Domain memiliki TrustFlow 13 dengan Topical TrustFlow "Computer". TR = 0,37 menunjukan bahwa kebanyakan backlink yg masuk ke website tersebut berasal dari Non Authority berdasarkan TF nya.
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS4-1.jpg

Namun web tersebut memiliki beberapa BL dengan reffering domain yg 1 topical TF (Computer), seperti ini :
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS5-1.jpg

Memiliki backlink dari domain yang sama atau 1 topical TF merupakan point yang ane perhatikan. silakan baca thread ane disini (http://ads.id/forums/showthread.php/199473-SHARE-Backlink-Yang-Wajib-Dimiliki-Beserta-Study-Case). Selanjutnya ane lihat backlink profile dari web tersebut. untuk mempermudah ane download BL nya dan menganalisanya di Excel untuk mempermudah (ane hanya analisa domain yang memiliki topic yang sama) :
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS6-1.jpg

Terakhir ane cek Social Page Popularity seperti ini :
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS7-1.jpg

Dilihat dari beberapa parameter diatas, ane asumsikan, ane mampu bersaing dengan web tersebut, cara paling gampang nantinya adalah mencari aged domain dengan BL profile minimal sama atau lebih baik (TF < 20 , TR < 0,5 dengan topical TF yg relevant lebih mudah menemukannya).

3. Scraping keyword kompetitor

selanjutnya ane scraping keyword web tersebut. Ane menggunakan SEMRush karena semua data yg ane butuhkan bisa dilihat menggunakan SEMRush. beberapa parameter yang ane lihat : Keyword, Position SE, Search Volume, CPC , URL, dan %Traffic. setelah ane download kemudian ane analisa lagi menggunakan parameter SOC dan KC seperti teknik diatas. hasilnya +/- seperti ini :
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS8-1.jpg
Data tersebut ane grouping berdasarkan keyword yg masuk disetiap URL-nya. untuk mempermudah ane kasih warna setiap group URLnya.

dilihat dari data diatas masih banyak KW yang tergolong Low Kompetisi. bahkan beberapa kw yg dirank di halaman pertama tidak memiliki Backlink Sama sekali berdasarkan data majestic.
http://ads.id/forums/images/imported/2015/04/SS9-1.jpg

tapi perlu di perhatikan bahwa kalau dilihat lagi, setiap url/post telah memiliki TF dari Topical trust flow yg relevant dari RootDomain. dan ini artinya bukan berarti ane bisa mengalahkannya dengan mudah walaupun url/halaman tersebut tidak memiliki backlink sama sekali. :D

Biar lebih gampang di mengerti ane kasih videonya :



https://www.youtube.com/watch?v=NTY0OrN7yAM

Source : _https://www.youtube.com/watch?v=NTY0OrN7yAM



Thats It... selanjutnya seperti yang ane bilang tadi.. tahap pertama ane tinggal cari aged domain dengan TF dan Topical Trust yang sama dengan web tersebut. dengan data diatas ane bisa dengan gampang nantinya melihat domain2 yang berpotensi mengalahkan web tersebut.

wait...wait..wait... bagaimana soal PR gan..?? aged domainnya ga harus ber PR ???
WHO CARE ABOUT PAGERANK !!!! parameter ini udah lama ane tinggalkan semenjak google tidak mempublikasi lagi PR nya... cukup analisa BL profilenya udah keliatan power dari domainnya kok... :D

part selanjutnya ane bahas teknik analisa web page kompetisi secara REAL. buakan berdasarkan matrik dari software...

Post a Comment

 
Top