0
Di Artikel ini saya akan menjelaskan beberapa tehnik dan beberapa tips khusus yang sering dpakai oleh para pengusaha importir China yang sudah sukses.

Pertama saya akan memberikan pengelompokan cara untuk bertransaksi dengan vendor dari negara China, mana yang harus anda lakukan dan mana yang harus anda hindari. Berkut pengelompokannya:

HARUS DILAKUKAN :
 Bekerjasama dengan sebuah perusahaan dan bukan dengan perorangan
 Dapatkan informasi detail tentang perusahaan terlebih dahulu
 Tanyakan sebanyak mungkin pertanyaan dan berkomunikasi melalui telepon jika perlu
 Tanyakan apakah perusahaan tersebut memiliki agensi di luar negeri yang bisa Anda hubungi
 Cek ricek dengan mengunjungi situs perusahaan, tampilan barang dan informasi perusahaan melalui situs panduan bisnis atau melakukan pencarian untuk nama perusahaan mereka
 Tanyakan ke pembeli lain di dalam forum bisnis atau di internet tentang pengalaman mereka yang sudah mencoba membeli di perusahaan tersebut.
 Dapatkan sampel barangnya dulu, dengan anda mencoba membeli 1 produk dari perusahaan tersebut sehingga Anda dapat melihat pelayanan mereka.

JANGAN DILAKUKAN :
 Mentransfer uang selain menggunakan Transfer Bank atau Paypal.
 Bertransaksi meskipun Anda belum melihat sampelnya. Jangan bekerjasama dengan perusahaan yang tidak mau memberikan sample barangnya..
 Membeli pesanan yang banyak tanpa bernegoisasi terlebih dahulu tentang spesifikasi produk, cara pengemasan, cara pembayaran dan cara pengiriman dengan detail.
 Bekerjasama dengan perusahaan yang membuat barang tiruan dengan menggunakan merek terkenal.
 Mempercayai perusahaan yang menekan Anda untuk melakukan pempembelian dengan segera.

Catatan Penting:
a. Jika Anda sudah terlanjur mengirim uang ke China dan merasa sudah ditipu, anda akan sulit untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah di situ. Mereka mungkin akan menerima laporan Anda tetapi tidak akan segera memprosesnya.
b. Jika Anda sudah menunggu kiriman pesanan belum sampai-sampai lalu berpikiran bahwa Anda telah ditipu, mungkin itu Tidak Begitu. Mungkin pihak mereka cuma agak terlambat di dalam memproses transaksi Anda. Bersabarlah dan mencoba untuk menghubungi mereka lagi.
c. Jika ada sengketa dari segi barang, harga atau syarat. Coba jelaskan posisi Anda dan jangan terus menerus melakukan komplen dan intimidasi, karena akan menyebabkan korjasama Anda dengan mereka akan dihentikan begitu saja.

TEHNIK BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI
Mengimpor dari negara China tidak sesulit seperti sebelumnya dan tidak sesulit seperti apa yang dibayangkan oleh banyak orang. Salah satu alasan utama mengapa banyak pengusaha suka menyuplai barang dari dalam Indonesia karena mereka merasa aman dan nyaman untuk melakukan transaksi dengan warga Indonesia sendiri mengingat bahasa perantara yang digunakan adalah sama.

Jika semuanya berjalan lancar dalam transaksi Anda dengan vendor dari negara Indonesia, lalu buat apa mau melakukan transaksi dengan negara luar?

Seperti yang telah saya bagikan sebelumnya, kelebihan membeli dari negara China adalah harga pempembelian yang jauh lebih rendah!

Namun demikian, ada beberapa persoalan lain yang mungkin Anda ingin tanya seperti:
 Bagaimana saya ingin bekerjasama dengan warga negara China jika mereka tidak bisa berbahasa Inggris?
 Apakah perusahaan negara China pernah melakukan transaksi dengan negara luar?
 Bisakah saya mempercayai Vendor dari negara China?
 Bisakah vendor dari negara China bekerjasama dengan baik dengan saya?
 Bagaimana dapat saya ketahui apakah vendor negara China dapat membantu memenuhi kebutuhan saya?
 Apakah vendor negara China diperbolehkan untuk mengekspor ke Indonesia?

Semua persoalan ini adalah persoalan yang baik dan jika Anda sudah berpikir tentang persoalan-persoalan tersebut, maka Anda berada di jalur yang benar. Anda harus waspada dan berhati-hati di dalam transaksi impor dan export seperti ini. Saya akan mencoba menjawab semua persoalan Anda dengan sebaik mungkin.

Banyak perusahaan negara China tersedia di internet dan mereka sering menampilkan barang yang sebenarnya sulit mereka berikan atau seringkali pelayanan mengekspor mereka tidak berjalan dengan lancar. Banyak pengusaha baru yang terpedaya dengan mereka dan melakukan kesalahan dengan berbisnis dengan mereka.

Akhirnya mereka merasa kecewa dan mungkin akan kehilangan uang. Jadi, hal penting di sini adalah ketika Anda menjalin kerjasama dengan setiap perusahaan negara China, Anda perlu menjalin kerjasama komunikasi yang kokoh dengan mereka terlebih dahulu.

masyarakat negara China butuh komunikasi yang banyak dengan tujuan untuk membangun kerjasama yang baik. Jika Anda berkomunikasi dengan jelas dan positif kepada vendor Anda, maka Anda tidak akan menghadapi masalah di dalam transaksi bersama mereka.

Ketika Anda bekerjasama dengan masyarakat negara China, Anda harus memberikan gambaran yang baik dan positif agar kerjasama bisnis Anda dengan mereka dapat terjalin dengan baik. Hal ini sangat penting bagi warga negara China. Komunikasi Anda harus bijaksana dan positif.

Berikut adalah beberapa tip untuk berkomunikasi dengan warga negara China:
 Selalu mengatakan "Thank you". Katakan "Sorry for disturbing" dan "Is this a good time to call you?" Di dalam email katakan "I appreciate your help [Nama individu tersebut]".

 Jadikan komunikasi Anda bersifat pribadi dan gunakan nama orang yang Anda hubungi. Jika Anda berbicara melalui telepon, awali pembicaraan tentang hal lain dulu sebelum berbicara tentang tujuan utama Anda dalam menelepon orang tersebut. Anda juga dapat menggunakan nama Anda seperti "Hi, Ahmad here from Indonesia. I am the person who ordered the handphones from you last month ", agar memudahkan mereka mengingat Anda, karena Ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pelayanan yang lebih ramah dari mereka.

 Jangan cepat memberitahu mereka kalau sesuau itu salah. Kepada warga negara China, jika Anda mengatakan "YOU'RE wrong!" Atau "That is not true", Anda akan membuat masalah dan menjadi tidak harmonis. Jika Anda tidak setuju tentang sesuatu, gunakan cara diplomasi untuk mejelaskannya. Jika Anda membuat situasi konfontasi, mereka akan menghentikan pembicaraan dan tidak akan bekerjasama
dengan Anda lagi.

 Satu hal lagi, jika Anda menanyakan sesuatu pertanyaan ke masyarakat negara China yang mana mereka tidak mengetahui jawabannya, mereka akan menghindari mejelaskan yang mereka tidak tahu. Setelah Anda biasa berkomunikasi dengan mereka, cepat atau lambat Anda akan dapat mengetahuai jelas siapa yang dapat membantu Anda, dengan cara yang paling tepat untuk mendapatkan informasi dari mereka tanpa melukai perasaan mereka yang tidak memiliki informasi.

 Apabila berbicara tentang uang, Anda harus bernegoisasi dan bukan memaksa. Sentiasalah mencari lebih banyak informasi yang bisa Anda gunakan di dalam diskusi Anda dengan mereka dan informasi-informasi yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan harga yang lebih rendah. Bersikap keras kepala dan tidak ingin mengalah akan membuat mereka tidak tertarik untuk bekerjasama dengan anda.

 Jangan meninggikan suara Anda di dalam telepon dan jangan gunakan HURUF BESAR di dalam email Anda! Itu tidak akan membantu di dalam kerjasama Anda. Pastikan Anda baca kembali semua tips tadi karena itu akan banyak membantu jika Anda masih baru/awam tentang transaksi di negara China.


Sebenarnya, anak di China mempelajari bahasa Inggris di sekolah saat mereka berumur 10 tahun tetapi sistem pengajaran bahasa mereka tidak baik. Jadi, Anda akan menemukan orang yang mungkin tidak fasih berbahasa tetapi baik di dalam penulisan.

Ada yang langsung tidak baik dalam segala-galanya. Dengan ini, jika Anda belum menemukan vendor yang baik, jangan terus menyerah jika bahasa Inggrisnya tidak terlalu baik.
Berikut adalah beberapa tip agar Anda tidak kecewa saat berkomunikasi dengan mereka:
 selama berbicara, ingat untuk berbicara dengan jelas dan perlahan. Ini dapat memberikan perbedaan yang besar.
 Berikan waktu kepada orang tersebut untuk mencatat informasi.
 masyarakat di China sering kesulitan dalam memilih kata yang lebih ramah. Misalnya, ada yang mungkin akan menyuruh Anda untuk "Wait!" Yang mungkin agak kasar tetapi sebenarnya mereka maksudkan "Mohon Anda dapat menunggu sebelum saya mendapatkan informasi" ... .Mereka bukan berniat untuk bersikap kasar!

Di dalam berkomunikasi dengan mereka, jangan segan untuk menanyakan beberapa pertanyaan sehingga Anda bisa benar-benar memahami apa yang ingin mereka sampaikan. Pastikan juga Anda merekam semua informasi secara tertulis.

TEHNIK MEMBUAT KERJASAMA/KOMUNIKASI YANG BAIK
Banyak orang yang bertanya tentang mengimpor dari negara China sering mengutarakan masalah berikut:
"Saya sudah menghubungi banyak vendor dari negara China ... tetapi mereka tidak pernah menghubungi saya kembali. Bagaimana saya ingin mendapatkan respon dari mereka?"

Pertama sekali, Anda harus memberikan waktu yang cukup kepada mereka untuk menghubungi Anda kembali. Jika sebelumnya Anda sudah mengirim email dan seminggu sudah berlalu, coba hubungi mereka kembali melalui email atau telepon.

Namun , pada umumnya anda tidak mendapat respon karena anda telah memulai komunikasi mereka dengan salah. Berikut adalah cara yang salah untuk menghubungi vendor dari negara China:
hi i am intrested to import from yall -- u can gimme the full price list and btw do you have iPods??? and wot about free samplez?!? thanx bye”

Mungkin itu adalah contoh yang terlalu ekstrim. Namun demikian, Anda dapat melihat jika mereka menerima email seperti itu setiap hari, tentu saja mereka tidak akan menanggapi email tersebut secara serius. Mari kita lihat beberapa lagi komunikasi pertama yang telah gagal:
To whom it may concern, Our company is one of the top businesses listed on the Indonesian stock exchange. With over $3bn in assets and 20 years' history importing from all over the world, our customers love us because... ... ...
[... blah blah blah]
[ ++ 5 mukasurat maklumat syarikat + brochure] ... We look forward to your reply.
Yours faithfully, Mr CEO, President, Import Export Sdn Bhd
Email ini juga akan diabaikan, bukan karena kredibilitasnya tetapi karena:
 itu terlalu membosankan
 Terlalu panjang untuk seorang warga China yang biasa membaca
 Itu sebenarnya bukan pertanyaan, lalu bagaimana mau menjawab?

Dapatkah Anda lokalisir mengapa orang berikut juga tidak mendapat jawaban?
“Hi! I've seen your company clothing and shoes catalogue and I think you people at ChinaTextile can help me. I need to find a supplier for car tyres and also for baby toys. I know both of these are made in China, and you guys are in China, so you must be able to help me right?”

Bagaimana pula dengan email berikut?
“Dear Sir, I have seen your website with special gadgets and I need you to supply me with a product according to the following specifications. The product needs to be as follows: - GPS locator - Lightweight but made of metal - Have solar power - Have a full colour screen which can be hit with a hammer and won't break - Optionally have a full waterproof body - Can be mounted on any normal sniper rifle Please get back to me immediately with a proforma invoice quoting prices for 50,000 pcs, 100,000 pcs, and 1 million pcs and full information about how fast you can ship this to me CIF Antarctica. Best regards, Mr Leet Importer”

Apakah masalah di dalam email tersebut? Di antaranya:
 Terlalu meminta-minta
 Tidak menanyakan produk spesifik
 Terus meminta harga tanpa informasi yang lengkap
 Meminta kuantitas yang besar dari awal

Mungkin vendor dari negara China tidak akan langsung menjawab email Anda jika tidak ada jawaban sederhana yang dapat mereka berikan!

Berikut adalah saran saya tentang kerjasama email pertama Anda ke vendor:
1. Menulis judul yang spesifik
2. Jangan menulis "URGENT", "important" atau "reply asap" pada judul email Anda. Bagi mereka, hal itu sangat menjengkelkan hati.
3. Menulis email yang formal dan lengkap yang dimulai dengan "Dear ... (nama orang tersebut jika Anda tahu) dan berakhir dengan " Salam " dengan serta informasi kontak Anda.
4. Lakukan pemeriksaan kata Anda dan gunakan tulisan huruf biasa.
5. Beritahu mereka di mana Anda mendapatkan informasi tentang perusahaan mereka.
6. Perkenalkan perusahaan dan posisi Anda dengan singkat.
7. Gunakan email untuk memulai kerjasama/komunikasi dan bukan untuk memaksa untuk mendapatkan informasi.
8. Seandainya Anda bertanya tentang suatu produk, jelaskan produk tersebut dengan
spesifik dan tidak perlu untuk menanyakan harga di dalam email pertama Anda.
9. Jangan memaksa untuk mendapatkan informasi lengkap perusahaan mereka pada email pertama Anda.
10. Jangan menanyakan terlalu banyak pertanyaan tentang pajak, pengiriman, jaminan dan syarat. Hal-hal tersebut dapat ditanyakan kemudian.

Anda dapat menggunakan tips yang sama di dalam kerjasama Anda melalui telepon. Fokuskan pada membangun kerjasama dan bukan cuman mendapatkan informasi.

Berikut adalah satu contoh email yang baik yang dapat digunakan untuk menghubungi vendor dari negara China - Anda dapat mengubah informasi di dalamnya berdasarkan keinginan Anda:
[Tajuk:] Enquiry regarding earphones from King Sounds, Indonesia.
Dear Ms Li, I found the details of your company "ChinaSonic" in the trade magazine
"Earphone Sources".

My company is King Sounds, based in Indonesia, and my position is Purchasing Manager.
I am interested in finding new high quality earphones and headphones, and I think your company looks like an excellent possible supplier.


Please could you let me know if you can export earphone products to Indonesia? If so, please can you send me a catalogue of your products or a price list? I have seen a picture of your bud-type earphones, model [E-40b] and products similar to these would be interesting to us.


I will be very interested to speak with you more about buying from ChinaSonic. If youwould like to telephone me at the number below, or email me, I will be glad to talk with you. I look forward to your reply.

Best regards,
Ahmad Albab
Purchasing Manager,
King Sounds
Ahmad@KingSounds.com.my
http://www.KingSounds.com.my
+03 2435 1231
Anda harus realistis terhadap informasi yang diberikan vendor tersebut dan tingkat pelayanan pelanggan yang dapat mereka berikan. Ingat, Anda tidak sedang bertransaksi dengan sebuah toko - itu adalah sebuah pabrik atau vendor oleh karena itu, mereka tidak memiliki karyawan atau keahlian di dalam memperlakukan pelanggan seperti Anda.

 Jangan mengharapkan ucapan Tol - Free atau gratis dari mereka!
 Jangan mengharapkan mereka memiliki sistem pesanan suara [voicemail]
 Jangan mengharapkan mereka bisa mengingat Anda dengan hanya anda pernah membuat satu kerjasama/komunikasi dengan mereka.
 Jangan mengharapkan jawaban yang cepat ke email Anda.
 Jangan mengharapkan vendor mengetahui kebutuhan pajak dan lisensi untuk negara Indonesia.
 Jangan mengharapkan vendor memiliki semua informasi yang anda inginkan. Mereka mungkin bisa mendapatkannya tetapi akan memakan waktu.
 Seandainya perusahaan tersebut sudah mengirim informasi tentang produk dan daftar harganya, jangan mengharapkan informasi lebih banyak lagi dari mereka yang anda inginkan. Cara paling mudah untuk mendapatkan satu sampel produk adalah Anda lihat sendiri.
 Harga produk mungkin tidak tetap dan dapat berubah menjadi lebih tinggi.
 seandainya Anda mendapatkan daftar harga dan Anda adalah pelanggan baru, jangan harap anda mendapatkan diskon tinggi. Apalagi jika Anda membeli dalam jumlah yang kecil.

Jika Anda adalah pelanggan baru, Anda akan merasakan perhatian yang kurang dari mereka. Tapi Jangan khawatir, karena mereka membutuhkan sedikit waktu untuk mengenali Anda.

pelayanan pelanggan mereka tidak buruk tapi Anda tidak dapat mengharapkan pelayanan VIP jika Anda masih baru. Semakin Anda mengenal mereka dan memiliki kerjasama yang baik, pelayanan mereka kepada Anda akan menjadi lebih baik.

kerjasama jangka panjang dengan vendor sangat penting karena Anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik, produk terbaru dan pelayanan yang lebih baik. Karena Itu merupakan satu investasi yang membutuhkan waktu dan kesabaran Anda

Post a Comment

 
Top