0
Dropshipping/dropship adalah berjualan sesuatu secara online tanpa perlu mempunyai barang itu sendiri dan mengirimnya ke pembeli. Dengan begitu anda sama sekali tidak perlu modal, sangat mudah,hemat waktu karena dapat dilakukan ketika anda sedang bekerja dan usaha ini tidak mungkin mengalami kerugian/bangkrut, di dropshipping itu tidak mungkin terjadi. Anda dapat memasarkan produk ini melalui
group,fans facebook,website,blog dll…

keuntungan usaha dropshipping:
- tidak perlu modal, Tidak perlu stok Barang, Tidak Perlu packing
- anda tidak akan mengalami kerugian / untung terus
- bisnis untuk segala usia (pelajar,pengangguran,pekerja)
- penghasilan yang menguntungkan
- usaha tanpa tenaga
- tidak membutuhkan banyak waktu
- bisa dilakukan sambil anda bekerja/bermain(online)
- anda dapat memilih besar kecilnya ke untungan anda (karna Anda dapat Mark-up sendiri sesuai Keinginan anda)

Keuntungan yang paling nyata tentang pengusahaan secara dropship adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual barang yang mudah untuk dikirim, tanpa harus menanggung risiko di dalam penyimpanan stok dan tanpa harus melakukan pengepakan barang. Bisnis Anda juga lebih mudah untuk dikembangkan dari cuma menerima beberapa pesanan barang ke menerima ratusan pesan tanpa perlu peningkatan yang tajam dari segi biaya dan usaha yang Anda curahkan.

Dropshipping juga akan mepermudah pengusahaan suplier dan vendor karena pengusaha dropship akan melakukan semua pemasaran barang untuk mereka dan tugas mereka cuma memproduksi barang, membungkus dan mengirim.

Pepelayanan pelanggan juga akan dilakukan oleh pengusaha dropship yang mana suplier atau vendor tidak perlu terlalu menitikberatkan pepelayanan pelanggan pembeli.

Suplier dan vendor akan membuat pengusaha dropship sebagai rekan bisnis mereka. Namun demikian, masih ada beberapa masalah dan kekurangan di dalam melakukan bisnis berbasis drop-shipping. Jadi, Anda harus peka terhadap masalah-masalah tersebut sebelum Anda memulai bisnis berdasarkannya. Mereka tidak akan memberitahu Anda tentang masalah-masalah di balik peluang yang mereka berikan.

Tapi Saya ingin memberitahukan kepada Anda dengan memberikan fakta-fakta yang perlu Anda ketahui.

Berikut adalah beberapa kekurangan di dalam menjalankan bisnis berbasis dropshipping:

Anda tidak ada kontrol
Mengingat Anda tidak memproduksi barang sendiri, maka keberhasilan Anda berada di dalam tangan operator. Jika mereka mengalami masalah dan tidak dapat mengirim barang seperti seharusnya, Anda tidak dapat melakukan apa-apa. Tanpa suplai yang tepat, bisnis Anda akan "gulung tikar" dengan cepat.

Masalah paling utama: Tidak suplai!
Meskipun vendor Anda dapat diandalkan, pada waktu-waktu tertentu mereka masih akan kehabisan stok atau mengganti jenis produk yang mereka hasilkan. Jika Anda tidak mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi di dalam perusahaan mereka, maka Anda akan kurang siap untuk menghadapi masalah suplai yang akan terjadi. Jadi, Anda akan berhadapan dengan pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan Anda. Mereka sudah membayar tetapi masih belum menerima barang yang mereka inginkan.

"Astaga - Saya tidak menginginkan bisnis penuh waktu!"
Sebagai seorang pelaku dropship, Anda mungkin akan tertarik untuk memasarkan berbagai jenis produk dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Mungkin Anda akan sukses lalu bisnis Anda berikutnya akan meningkat tajam sehingga melebihi target asli Anda yaitu untuk cuma memiliki satu bisnis dropship yang kecil. Lalu Dapatkah Anda mengontrol bisnis Anda dengan baik jika hal ini terjadi?

Jika Anda merasa berhasil, maka Anda akan menghadapi berbagai masalah lain yang belum Anda terfikir sebelumnya seperti:
cukai
Kesetiaan pelanggan
Tindakan sebelum dan setelah pengusahaan
Retur/ pengembalian produk
Isu legislatif
Peningkatan biaya di dalam mendapatkan karyawan dan ruang kantor
Penyimpanan akun dan catatan
Bujet pemasaran
Masalah manajemen waktu dan masalah pribadi
Persaingan
Vendor tidak memiliki perjanjian ekslusif dengan pengusaha manapun Jadi, ini memungkinkan mereka untuk menvendor barang kepada siapa saja yang sanggup membayar. Ini dapat mendorong vendor lain meniru barang yang sedang dijual dan mungkin mendapatkan barang yang sama dari vendor untuk menyaingi bisnis Anda. Ini bisa mengakibatkan bisnis Anda jatuh merosot.

Faktor online
Mengingat kebanyakan pengusaha dropship akan memasarkan barang mereka melalui internet, mereka akan rentan terhadap berbagai risiko yang terkait dengan bisnis online. Ini termasuk orang lain meniru informasi yang terkandung di dalam situs web Anda, biaya iklan yang semakin meningkat, peningkatan persaingan dari
pengusaha lain dan jumlah pengunjung yang tidak tetap. Jika Anda masih baru di dalam dunia internet, tantangan Anda akan lebih tinggi dibandingkan mereka yang sudah berpengalaman di dalam pengusahaan online.

Risiko keuangan
Bisnis impor biasanya perlu mengimpor stok yang banyak dan harus menanggung biaya penyimpanan dan asuransi. Namun Stok tersebut kemungkinan bisa rusak saat di dalam penyimpanan dan juga harga pasar menurun,itu semua resiko yang harus diterima oleh pemilik bisnis. Dan dengan menggunakan cara dropship, Anda dapat menghindari masalah tersebut , akan tetapi Anda masih akan
menghadapi masalah lainnya di dalam penerimaan pembayaran.

Jika pembayaran sudah dilakukan oleh pelanggan tetapi uang tersebut telah anda hilangkan/habiskan, Anda harus menanggungnya. Jika Anda telah memberikan jaminan uang kembali kepada pelanggan lalu tiba-tiba ada pelanggan yang menipu, maka Anda tetap masih akan terkena risiko pengembalian uang itu. Faktor
Pengembalian uang dan adanya penipuan ini akan meruntuhkan bisnis Anda dengan cepat.

Kesetiaan pelanggan rendah
Secara umum, harga yang diberikan oleh pelaku dropship lebih tinggi dari harga yang diberikan oleh vendor Namun Jika pelanggan Anda bisa mendapatkan barang langsung dari vendor tanpa perlu melalui Anda maka mereka akan langsung berpaling dan meninggalkan anda.

Jika Anda tidak khawatir tentang kemungkinan pelanggan akan terus order kepada vendor,maka Anda masih harus berpikir cara untuk mempertahankan loyalitas mereka kepada Anda agar mereka tidak membeli dari pengusaha lain.

Anda harus bekerja dengan lebih keras untuk mempertahankan loyalitas mereka dan membeli kembali dari Anda.

Pada prinsipnya, vendor dari negara China mungkin tidak mengalami masalah untuk mengirim barang ke pelanggan Anda. Jika mereka dapat mengirim sampel barang kepada Anda, sudah tentu mereka juga dapat mengirim ke orang lain. Kunci kesuksesannya adalah dengan menemukan vendor yang dapat memberikan Minimum Pemesanan terendah.

Jika Anda bisa mendapatkan vendor yang memberikan Minimum Pemesanan sebanyak 10 unit, maka Anda dapat dropship 5 unit kepada pelanggan Anda dan sisanya kepada diri Anda sendiri sebagai stok. Tapi ada jg vendor yang memberikan fasilitas kepada anda untuk membayar dmuka dahulu, sebagai contoh: anda membayar untuk 100 unit barang terlebih dahulu , lalu mereka bisa mengirim setiap unitnya kepada pelanggan setiap kali mereka menerima pesanan dari Anda.

Situasi terbaik di sini: Untuk mendapatkan vendor yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya untuk drop-ship setiap barang ke mana saja di seluruh dunia. Jika Anda bertanya kepada vendor apakah mereka bisa dropship, mereka mungkin tidak akan memahami maksud pertanyaan Anda.

Berikut adalah saran saya tentang pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada vendor untuk maksud Dropshp:
 Apakah Anda memiliki Minimum Pemesanan? Dapatkah saya memesan satu barang pada satu waktu?
 Bisakah Anda mengirim ke [negara]?
 Apakah Anda dapat mengirimkan langsung ke pelanggan saya?
 Seandainya Anda mengirim langsung ke pelanggan saya, bisakah Anda memberikan saya faktur?
 Seandainya Anda mengirim langsung ke pelanggan saya, bisakah Anda tidak menempatkan setiap logo atau informasi tentang perusahaan Anda ke atas barang dan kemasan tersebut? (Ini adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan!)
 Bisakah Anda melabel kemasan dan faktur Anda dengan logo atau nama perusahaan saya? Apakah saya harus membayar lebih untuk ini?
 Seandainya saya membuat 20 pesanan, bisakah ini di kirim ke 20 alamat yang berbeda? Apakah saya harus membuat 20 pesanan yang berbeda? Apakah saya masih bisa mendapatkan diskon pada pempembelian sebanyak 20 unit?

Anda juga perlu mendiskusikan pilihan pengiriman:
 Cara pengiriman
 Cara melakukan pembayaran
 Berapa cepat pengiriman
 Cara mendapatkan informasi pergerakkan kemasan
 Cara untuk mengelola instansi beacukai dan pajak
 Cara untuk menyelesaikan masalah pengiriman
 Cara untuk menangani pengembalian/retur barang
Hal ini Wajib anda perhatikan sehingga kesiapan anda dalam melakukan dropship
bisa matang.

Berikut adalah beberapa tips berguna untuk sukses di dalam bisnis dropship dari
negara china:

 Pastikan vendor Anda dapat melakukan dropship sebelum memulai konsep bisnis dropship! Jangan terus menerima pesanan dari pelanggan tanpa bekerjasama dengan vendor Anda terlebih dahulu! Lakukan investigasi terlebih dahulu.
 Jangan menjanjikan waktu pengiriman sehingga Anda bisa benar-benar yakin kalo vendor tersebut dapat melakukan pengiriman dalam waktu yang Anda berikan.
 Jangan dropship barang yang Anda sendiri belum pernah melihat. Anda harus memesan barang tersebut untuk diri Anda sendiri terlebih dahulu untuk memeriksa keadaannya. Karena Ini juga akan membantu Anda memberikan gambaran yang tepat tentang pajak impor yang harus dibayar untuk mengimpor barang tersebut.
 Ikuti langkah komunikasi yang baik dengan vendor yang telah saya berikan sebelum ini. Jangan memaksa tetapi mintalah bantuan mereka, ajak komunikasi dulu.

Saya sudah membahas banyak tentang dropshipping. Sekarang saya ingin membahas tentang pemilihan produk terbaik untuk dijual. Ini adalah kunci keberhasilan Anda di dalam bisnis ini.

Post a Comment

 
Top